Dengan semakin maraknya pemberitaan akan mp3 license, maka muncullah alternatif format audio yang lain dengan kualitas yang tidak kalah dengan format audio mp3.

OGG…
ya itulah format baru yang mulai berkembang, yang sebenarnya sudah lama muncul hanya kurang lirikan. Sehingga di MyOS Ubuntu pun jadi terlalu banyak customize harus mendukung file-file audio dengan format mp3.

Sebuah Arti Harapan muncul kembali disini. Yang dulu kala, format audio ogg hanyalah alternatif yang terkenal di MyOS Linux, dan hanya sebatas menjadi suara-suara pelengkap di MyOS Linux, maka sekarang mulai memberikan sebuah Arti.

Harapan itu mulai menjadi Arti yang sangat penting, dimana format audio MP3 mulai menunjukkan taringnya, bahwa mereka adalah format audio yang tidak bebas pakai …. hmmm jadi sama dengan O$ Window$ yach… yang selalu menunjukkan taringnya.

Taringnya sangat tajam, sehingga rekan saya yang di Pinux pun harus kehilangan PC-PC andalannya untuk melakukan usaha ke arah perbaikan….

Bahkan sampai muncul berita yang membuat bulu kuduk berdiri dari ucapan mas deddy, seperti ini :

[asosiasi-warnet] Download PINUX

hendrian deddy
Sat, 20 May 2006 08:56:19 -0700

rekan-rekan,
situs pinux sudah bisa dijamah lagi. silahkan donlod sepuas-puasnya. gratis
dan silakan dibajak saja karena Pinux itu software merdeka

terima kasih

Mudah-mudahan berkembang dan selalu eksis mas…


OK…. [ hmmm ok dari hongkong... :) ]
Kita lanjutkan pembicaraannya, untuk mengantisipasi format audio mp3 yang sudah tidak bebas lagi, maka Harapan yang dulu kini mulai menampakkan wujud aslinya dan benar-benar dianugrahi keajaiban… OGG mulai menggeliat kembali menuju format audio yang akan marak dipasaran dunia musik.

HATI-HATI… [ maksudnya.....? ]
Untuk para pedagang dan supplier MP3 sebaiknya mulai berpikir kembali untuk mulai merubah arah kemudi …. Jangan sampai kasus penyitaan terus menerus melanda pengusaha kecil karena ketidaktahuan dan ketidakberdayaan….
Selain pedagang CD-CD [ compact disc maksudnya :) ] format audio mp3, maka yang harus berubah haluan tentu saja para supplier PLAYER OGG, harus sudah mulai dipertimbangkan… bisnis baru neh kayaknya yach … ( asyik juga tuch..!!! )
Eh… tambahan nech…
Kayaknya Radio Broadcast juga harus mulai beralih yach ke pemutaran lagu-lagu dengan format audio ogg. Jangan sampai didenda seperti yang menimpa Microsoft [ kirain tidak akan kena perusahaan setangguh ini ... :) ]
Baca aja di majalah linux yach…

Mulailah ke OGG… sebuah format audio yang free…
OGGOgg Vorbis Codec Compressed WAV File. An open source patent-free audio compression format. Vorbis files compress to a smaller size than MP3 files.

What is Ogg?

Ogg Vorbis is a professional-grade media format. It’s like MP3 but better—and it respects your freedom. When you see a file with the Ogg extension – musicfile.ogg – Play it!

Sebuah Arti yang mendalam dari kata-kata di atas, dan menjanjikan sebuah Harapan ke arah perbaikan format audio. Betulkah begitu ? Tapi bila didengarkan oleh kasat telinga ( hehehe apaan neh? ), abis klo kasat mata ada, klo kasat telinga??? ya udahlah, maksudnya klo didengarkan sepintas oleh telinga orang yang bukan musisi memang tidak jauh berbeda.

Wah jadi kepanjangan yach… [ biasa klo pendidikan khan harus begini hehehe... biar ngerti dulu !!! ]

Apa yang dilakukan untuk mengubah format audio mp3 ke ogg? Haaa… di MyOS Ubuntu ada jagonya neh.
Pertama-tama, saya ubah satu persatu memakai audacity [ petarung cooledit neh hehehe ], eh lama-lama kok cape juga yach dan makan banyak waktu harus klak-klik sana-sini, wah tidak praktis sekali…

Akhirnya seperti biasa, jalan-jalan dech ama Om Google untuk melakukan googling …

Sebuah Arti dari Harapan muncul kembali… senjatanya adalah memakai mp32oggThis is a small script to recursively convert your MP3 files and directories to Ogg Vorbis.

Keren… daripada memakai audacity harus satu persatu, maka memakai mp32ogg, satu folder format audio mp3 bisa langsung dirubah menjadi format audio oog.

Download dan Install “mp32ogg
1. Gunakan package manager untuk install mp32ogg
2. Pada MyOS Ubuntu atau Debian gunakan : sudo apt-get install mp32ogg

mp32ogg v0.11
(c) 2000-2002 Nathan Walp
Released without warranty under the terms of the Artistic License

Usage: /usr/bin/mp32ogg [options] dir1 dir2 file1 file2 …

Options:
–quality=[-1..10]
Set Ogg/Vorbis quality level
Defaults to bitrate of original .mp3
–delete
Delete files after converting
–rename=format
Instead of simply replacing the .mp3 with .ogg for the output file, produce output filenames in this format, replacing %a, %t and %l with artist, title, and album name for the track
–lowercase
Force lowercase filenames when using –rename
–verbose
Verbose output
–preserve-timestamp
Preserve file timestamp
–help
Display this help message

ntar sambung lagi dech… dah ngantuk neh… ilustrasi cara convertnya ada tuh…

Sambung lagi neh… dah bangun hehehe

Langkah convertnya adalah seperti berikut :
1. Siapkan direktori yang berisi file-file lagu dengan format audio mp3;
Misalkan saya buat sebuah direktori dengan nama LegendaryRock, lihat gambar
Langkah00
2. eksekusi perintah mp32ogg yang sudah terpasang di ubuntu, seperti ini :
$ mp32ogg LegendaryRock/ [ENTER]
Apabila direktori yang dibuat ada, maka akan mulai melakukan konversi mp3 ke ogg. lihat gambar
Langkah01
3. Proses konversi file format audio mp3 ke ogg mulai berjalan satu demi satu secara mantap…, lihat gambar
Langkah02
Langkah03
4. Hasilnya pun luar biasa, apa yang di Harapkan menjadi sebuah Arti… satu direktori file audio berformat ogg terwujud. lihat gambar
Langkah04

About these ads