Nokia E63 adalah proposisi baru untuk E-Series, sebuah perangkat messaging yang akan membuat orang terlibat dalam jejaring sosial mereka seperti layaknya dalam jejaring bisnis.
Orang menginginkan pengalaman terbaik ketika menggunakan messaging, jejaring sosial dan Internet.
Dengan Nokia E63 kita bisa menikmati web, memperbarui status kita dan bekerja secara efisien dengan lebih dari satu account email.

Fitur lengkap Nokia E63 bisa dilihat dispeknya.

Lalu apa hubungannya dengan OSS ? Seperti kita tahu sendiri, Nokia E63 ini berbasis Symbian OS. Ada apa dengan Symbian OS jika dikaitkan dengan OSS? Tentu ini bertolak belakang, karena Symbian OS sendiri adalah Proprietary Operating System yang didisain untuk Mobile Devices.

Jika dipikir kembali, saya butuh Nokia E63 tetapi dia pakai Proprietary OS, sehingga semangat OSS jadi ada titik hitamnya…, btw gak apa-apa karena saya memakainya legal, toh kita sudah beli dengan harga tinggi artinya Symbian OS di Nokia E63 sudah sah untuk saya pakai. Kalaupun ada yg protes… hubungi aja pihak Nokianya…

Dah jadi ngelantur deh, biarin aja ah, who care about Symbian OS and the proprietary’s yang penting kita sudah bayar mahal. Sebenarnya yang mau saya bahas adalah, bagaimana Nokia E63 menjadi ramah dengan F/OSS? yang jelas harus kita lakukan :
1. Isi aplikasi Nokia E63 dengan aplikasi freeware, java based lebih bagus…
2. Mulai hilangkan mencari aplikasi bagus, tapi lewat pekerjaan cracking dll…
3. Selalu mencari aplikasi Nokia E63 yang bersifat OSS

Biar semangat ama OSS, saya pasang media player yang Free! Namanya OggPlay. Sesuai dengan namanya, tentu dia harus bisa memainkan file *.ogg yang free juga.

Setelah dicoba pasang, hmmm…. nice!!! Memutar file *.mp3 (hati2 format file ini berlisensi!!!) lancar dan bagus… suaranya juga jernih… but… jadi nambah PR lagi neh, harus convert file2 *.mp3 ke *.ogg… tapi tenang aja masalah convert ada MyUbuntu + OggConvert (untuk mengubah format file mp3 jadi ogg yang free !!!).

Apa yang harus dilakukan untuk pasang OggPlay di Nokia E63 ???
1. Pasang file dukungan font untuk oggplay, ini linknya;
2. Pasang aplikasi OggPlay, filenya ada dilink yg sama 😉
3. Pasang skin yang sesuai dengan HPnya, klo saya pakai E60 dan QVGA

ok, selamat eksplorasi… dengan F/OSS…!!!