Berita di internet semakin semarak aja belakangan ini dan penuh dengan Arti yang selalu memenuhi Harapan dan keinginan untuk terus menambah wawasan…

Keliling sana keliling sini demikian terus JJS di Dunia Maya, lama-lama terkadang ada rasa lelah juga…

Iseng-iseng buka Add/Remove di MyOS Ubuntu siapa tahu ada yang berArti buat nambah wawasan….Ah pucuk dicinta ulam tiba, ketemu ama Straw.

1 kali, 2 kali, 3 kali tidak menarik perhatian, ke-4 kalinya penasaran juga… Coba aja diinstall lewat Add/Remove-nya MyOS Ubuntu

Straw…?????
Straw : desktop news aggregator for GNOME
Straw is a desktop news aggregator for the GNOME environment. News aggregators collect news, weblog posts, and other information from the web so that they can be read in a single place.
Version: 0.26.dsfg.1-2.1ubuntu1 (straw)
Straw integrates well into the Ubuntu desktop

Hmmm… dari definisinya untuk mengumpulkan berita, menarik juga. Mudah-mudahan bisa dapat berita-berita aktual… begitu Harapannya.

Setelah utak-atik sana-sini, ternyata singkat dan sederhana saja cara kerjanya, si Straw itu untuk mengambil feeds yang disediakan oleh website lewat fasilitas RSS.
———————

RSS
Dari Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia.
RSS adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (diantaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog. Singkatan ini biasanya mengarah ke beberapa protokol:
* Rich Site Summary (RSS 0.91)
* RDF Site Summary (RSS 0.9 and 1.0)
* Really Simple Syndication (RSS 2.0)
Teknologi yang dibangun dengan RSS mengijinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler. Untuk memanfaatkan teknologi ini kita membutuhkan layanan pengumpul. Pengumpul bisa dibayangkan sebagai kotak surat pribadi. Kita kemudian dapat mendaftar ke situs yang ingin kita tahu perubahannya. Namun, berbeda dengan langganan koran atau majalah, untuk berlangganan RSS tidak diperlukan biaya, gratis. Tapi, kita biasanya hanya mendapatkan satu baris atau sebuah pengantar dari isi situs berikut alamat terkait untuk membaca isi lengkap artikelnya.
———————

Sampai lupa neh, RSS itu akronim dari “Really Simple Syndication” atau “Rich Site Summary”, seperti yang disebutkan diatas.

Tanda dari website yang menyediakan feed, di-laman-nya terdapat tanda seperti berikut ini :
RSS atau XML

atau pada address bar-nya ada icon seperti berikut RSS.

Langkah untuk berlangganan ke penyedia berita atau feeds lewat RSS memakai Straw adalah :
1. Buka website penyedia feeds, banyak kok media online di indonesia juga yang berbaik hati menyediakan RSS ini
2. Apabila pada address bar browser kita ada icon seperti ini RSS, maka klik icon tersebut sehingga browser memunculkan halaman RSS-nya.
3. Copy URL website tersebut yang berada di browser kita
4. Aktifkan Straw, lalu klik pada icon Subscribe +, gambarnya seperti dibawah ini.
Subscribe
5. Karena Straw sangat pintar memenuhi Harapan kita, apa yang tadi kita copy, sudah otomatis muncul di field alamat penyedia berita… luar biasa!!!! Ini gambarnya…
Feed URL
6. Klik Continue, maka bila berhasil akan menampilkan berita-berita dari website yang diinginkan, lihat gambar berikut ini
Baca RSS

Demikian terus satu persatu kita masukkan URL website yang ingin kita pantau beritanya… [ hmmm kayak detektif aja…🙂 ]

Alternatif lain sebuah Feeds Reader adalah Liferea, yang juga memberikan kemudahan dalam membaca berita secara offline.

Liferea

Itulah Arti dari sebuah Harapan….