Jangan hanya karena kita menggunakan Linux, tidak berarti komputer kita tidak ada virus atau worm. Mungkin ada yang terlewatkan oleh kita terutama yg masih memakai dual-boot, virus tertanam di file EXE pada partisi NTFS, atau mereka bersembunyi di samping DLL pada dual-boot komputer, yang menunggu kita untuk mengirimkan virus ke teman kita yang menggunakan Windows Legal (klo bajakan …😉 ).

Kecuali jika kita menikmati sadisme melihat pemakai non-linux menderita. Kita harus bertanggung jawab dan bertindak menjadi seorang anti-virus scanner yang berjalan pada Linux. Salah satu yang terbaru adalah BitDefender Antivirus Scanner r Unices. Antivirus ini gratis untuk pemakaian personal atau dirumah, bukan pada komputer-komputer yg dipakai bisnis.

Virus menangkap semua-frase, dan BitDefender’s dirancang untuk menangkap mereka semua – dari executable virus, script virus, virus makro, untuk backdoors, trojans, spyware, adware, diallers, dan banyak lagi.
BitDefender bisa melakukan scanner di dalam file yang dibuat oleh lebih dari 70 pemaket, Kompresor, dan installers, mulai dari yang paling umum seperti Zip, 7-Zip, dan Tar.gz ke yang lebih eksotis seperti UPX, ASPack, PECrypt, dll.

Mudah-mudahan ini benar adanya, dan kita para pemakai linux menjadi pengguna linux yang tidak hanya baik hati untuk diri sendiri…🙂 tetapi juga untuk lingkungan sekitar kita yang memakai software-software aplikasi proprietary yang legal.

Link-nya bisa ditemukan di BitDefender website.

Jalankan instalasi dengan perintah :
$ sudo sh BitDefender-Antivirus-Scanner-7.6-4.linux-gcc4x.i586.deb.run [ENTER]

ketika menanyakan konfirmasi ketiklah :

accept [ENTER]

Jika anda ingin memasang aplikasi GUI, ketika ada pertanyaan untuk memasang aplikasi GUI, jawablah dengan Y atau [ENTER]

Jika berhasil, maka hasil instalasi akan ada di :

Applications –> System Tools –> BitDefender Scanner

Lihat hasilnya :