Tulisan ini terinspirasi karena tulisan sebelumnya tentang Refleksi 2012: Siapa Peduli KK TKJ. Jadi mencoba mencari lagi file yang sudah dibuat sebelumnya, ternyata file tersebut dibuat pada 14 – 7 – 2010 tepatnya hari Rabu, atau 904 hari yang lalu.

Sebuah file mindmap sederhana karena terinspirasi dari semakin bertambahnya jumlah siswa di Kompetensi Keahlian TKJ dan semakin berkembangnya TIK serta kebutuhan yang seharusnya sudah dipenuhi oleh masing-masing lembaga/institusi dan lainnya terhadap layanan ketersediaan data yang dibutuhkan. Utamanya adalah mencoba mengasah keterampilan dan menyesuaikan dengan kompetensi yang sudah diperoleh oleh siswa selama hampir 3 semester atau lebih.

Semua orang yang berkecimpung di SMK utamanya KK TKJ atau KK RPL atau Program Studi Keahlian Teknik Komputer dan Informatika (TKI) lainnya akan menghadapi hal yang sama, yaitu ketidaksesuaian jumlah DU/DI, lembaga/instansi yang bisa menampung siswa magang/prakerin/pkl sesuai dengan kompetensi yang telah diperolehnya atau dikarenakan keterbatasan akses yang berhubungan dengan Program Studi TKI.

Melihat kondisi di atas, kemudian mencoba untuk melihat penetrasi/pemanfaatan TIK di lembaga/institusi yang ada, maka terbersit untuk memetakan siswa magang/prakerin/pkl agar lebih bermanfaat bagi kedua belah pihak. Solusi yang terbersit adalah seperti pada mindmap di bawah ini.

Link & Match Educations TKI SMK Negeri 1 Karawang

Melihat potensi wilayah yang cukup besar, seharusnya hal tersebut bisa menjadi solusi sederhana dalam rangka memnuhi kebutuhan masing-masing pihak.

Kendala tetap muncul dan mindmap tersebut hanyalah sebuah mindmap yang tersimpan sampai 904 hari menunggu kemungkinan apakah itu bisa dijadikan solusi sederhana dalam mengantisipasi kebutuhan meraih sekaligus menerapkan kompetensi yang sudah dimiliki oleh siswa.

Keinginan dan harapan dari berbagai pihak tentu menjadi faktor utama dalam merealisasikan solusi sederhana tersebut.

Waktu terus berjalan, dan pada tahun 2011-2012 muncul kembali keinginan untuk melihat realita yang terjadi. Dengan berbekal menghubungi sumber informasi primer dalam hal ini siswa, maka dilakukan pengumpulan data sederhana dengan tujuan melihat realita yang terjadi dan mungkin akan ada solusi sederhana lain yang akan muncul dalam meningkatkan prosentasi tingkat kesesuaian antara Kompetensi Keahlian yang diambil siswa di sekolah dengan pekerjaan/pembelajaran/peningkatan kompetensi di tempat magang/prakerin/pkl.

Data sederhana yang diperoleh adalah sebagai berikut :

Tahun 2011:

prakerin-tkj-2011
Tahun 2012:
prakerin-tkj-2012

Waduh ada penurunan sebesar 1%, tetapi tidak menjadi masalah dengan “prosentase” karena dari segi kuantitas siswa yang “sesuai” bertambah.

Mudah-mudahan di tahun 2013 ini ada harapan baru dan peluang yang lebih luas bagi peserta didik walaupun melihat data yang ada pada tulisan sebelumnya, Refleksi 2012: Siapa Peduli KK TKJ, jumlah SMK KK TKJ maupun peserta didiknya semakin bertambah baik di Kab. Karawang, Jawa Barat maupun di Indonesia.

HARAPAN harus tetap berkibar …