Diskusi tentang data tentu akan sangat menarik, apalagi data pendidikan, karena akan bersentuhan dengan berbagai hal yang mempengaruhinya artinya akan membahas input-proses-output-target-evaluasi yang terus berlanjut.

Apabila digambarkan secara sederhana, mungkin akan seperti ini :

IPO

Bahasan pendidikan kita batasi dengan diskusi tentang MGMP dan komponen terkait, diantaranya :

  1. Aturan dan Pedoman yang berlaku
  2. Data yang tersedia

Ad.1. Aturan dan Pedoman yang berlaku

Ketika berbicara sebuah organisasi pendidikan tentu harus dilandasi dengan aturan yang sudah ada agar tidak terjebak dengan berbagai pertanyaan perlu atau tidak perlu, boleh atau tidak boleh, manfaat atau tidak bermanfaat. Banyak organisasi di pendidikan yang disarankan oleh pemerintah untuk dibentuk agar membantu dalam pelaksanaan pendidikan.

Organisasi yang dimaksud adalah Kelompok Kerja yang didefinisikan oleh BPSDMPPMP (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan) yang dipimpin oleh seorang Kepala yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Pendidikan Nasional.

Menurut BPSDMPPMP Kemdiknas, Kelompok Kerja itu terdiri dari :

  • KKG (Kelompok Kerja Guru)
  • MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran)
  • KKKS (Kelompok Kerja Kepala Sekolah)
  • MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah)
  • KKPS (Kelompok Kerja Pengawas Sekolah)
  • MKPS (Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah)

Kelompok Kerja di atas sudah banyak yang terbentuk di tingkat Kabupaten /Kota dan Provinsi. Informasi di internet bisa kita lihat aktivitasnya baik yang di tingkat Kabupaten / Kota maupun di tingkat Provinsi.

Secara organisasi, MGMP tidak ada dalam struktur organisasi resmi Dinas Pendidikan Kabupaten / Kota maupun Provinsi artinya tidak berada dalam Instruction Line, begitu juga antara MGMP dan MKKS hanya memiliki Consultation Line, tetapi Program Kerja MGMP harus diketahui oleh Ketua MKKS dan disyahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten / Kota (lihat Buku Standar Pengembangan KKG/MGMP).

struktur-mgmp-dinas
Sumber : An Overview of Teacher Networks (MGMP) in Indonesia 2006 – USAID INDONESIA-DBE3

Pertanyaan : silahkan Anda bertanya dan menanyakan tentang struktur organigram di atas.

Bagaimana Mekanisme Pembentukan MGMP?

Dalam Buku II tentang STANDAR OPERASIONAL PENYELENGGARAAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) DIREKTORAT PROFESI PENDIDIK DIREKTORAT JENDERAL PENINGKATAN MUTU PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA 2008 :

BAB II STANDAR OPERASIONAL PENYELENGGARAAN KKG/MGMP
A. Standar Operasional Organisasi
1. Mekanisme Pembentukan Pengurus KKG/MGMP
Pembentukan pengurus KKG dilaksanakan dalam langkah-langkah berikut:
a. Dinas Pendidikan Kabupaten mengundang pengurus MKKS untuk merencanakan pembentukan kembali pengurus KKG/MGMP yang masa baktinya sudah habis (bagi pengurus KKG dan MGMP yang belum habis masa baktinya tidak perlu diadakan pembentukan dan pemilihan pengurus baru).
b. MKKS mengundang para pengurus KKG/MGMP untuk merencanakan pembentukan kembali pengurus KKG/MGMP.

f. Susunan pengurus diserahkan oleh tim formatur untuk syahkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dengan diketahui oleh ketua MKKS/MGMP.

Pertanyaan : Bottom-Up ? Top-Down ? Salah Aturannya ? Belum Dibaca ? atau …

Ad.2. Data yang tersedia

psdmp-total
Sumber : PSDMP Kemdiknas

psdmp-mkks
Sumber : PSDMP Kemdiknas

psdmp-mgmp
Sumber : PSDMP Kemdiknas

psdmp-mkks-jabar
Sumber : PSDMP Kemdiknas

psdmp-mgmp-jabar
Sumber : PSDMP Kemdiknas

Pertanyaan :

  • Apakah data tersebut sesuai dengan yang ada di lapangan ?
  • Apakah aplikasi pendataan tersebut tidak disosialisasikan atau kelompok kerja tidak peduli dengan pendataan tersebut ?
  • Apakah aplikasi pendataan tersebut dibuat hanya sebagai formalitas saja ?
  • Atau …

Susahnya mencari data pendidikan yang komprehensif …