Empat bulan tanpa nge-blog… bukan tanpa pengalaman yang pastinya, tetapi karena banyaknya kegiatan dan pengalaman baru sehingga tidak menyempatkan diri lagi untuk corat-coret di SAH.
BTB … “Berkurang Tetapi Bertambah” bingung dengan judulnya tetapi begitulah kenyataan yang dialami. Berawal dari kegiatan baru “ACP TKJ SMKN 1 KARAWANG” sebuah kelas khusus yang diselenggarakan satuan pendidikan bekerja sama dengan industri dalam hal ini Axioo untuk memberikan warna baru pengetahuan, keterampilan dan wawasan kepada siswanya.
Kelas 10, masih belum matang dan tidak bisa diajak berlari untuk impelemtasi teknologi baru yang mereka temui. Sebuah kewajaran karena mereka baru melepas masa belajar yang sedikit menggantungkan keterampilan pribadi ke arah pemenuhan keterampilan mandiri. Jika tanpa bermain “logika” rasanya hal yang mustahil memaksakan sebuah keterampilan yang membutuhkan kedewasaan berpikir dan bersikap kepada siswa yang baru lepas dari sekolah menengah pertama, tetapi kenyataan berkata lain. Kesabaran dan keinginan untuk memiliki keterampilan lebih menjadi pemicu agar “logika” cepat dimainkan sehingga masalah menjadi ada solusinya.
Intronya kepanjangan ah…
NAP … Notebook Assembly Program, sebuah program perakitan notebook yang diprakarsai oleh Axioo cq. MitraAbadi dan Rekan untuk siswa SMK khususnya saat ini pada Paket Keahlian TKJ.
Mahal menjadi Masalah… Murah harus jadi Solusi… sehingga awal dari NAP diambil paket yang murah harganya tetapi tetap harus kaya pengetahuan, keterampilan dan wawasan.
Berawal dari Mahal menjadi Masalah… Murah harus jadi Solusi… sehingga timbul judul  Berkurang Tetapi Bertambah… Oops makin bingung.😉
Dengan semakin berkembangnya teknologi dan pemakaian USB, maka sebagian fasilitas yang dulu menjadi wajib ada harus tergantikan…
Berangkat dari hal itu, saat ini ditemui notebook tanpa port VGA dan RJ-45 yang biasanya wajib ada menjadi hilang tetapi solusinya tetap ada dan menjadi tantangan tersendiri untuk memenuhinya…

Notebook tanpa Port RJ-45 bisa difasilitasi dengan adapter USB2EA atau USB To Ethernet Adapter seperti gambar di bawah ini.

USB2EANotebook yang tidak memiliki port RJ-45 bisa diberi solusi dengan memasang USB2EA sehingga masih bisa bergabung di LAN memakai kabel jaringan.

Kenapa dibahas hal sepele seperti ini? Apabila SO Windows dengan mudah mengaktifkan fasilitas tambahan tersebut agar menjadi aktif. Lain halnya dengan SO lain, misalnya Linux.

Kita coba pasang USB2EA di SO LinuxMint, pada awalnya tidak aktif dan kita gak bisa bergabung bersama orang lain dan beraktivitas di LAN, sehingga gara-gara fasilitas berkurang maka pengetahuan dan keterampilan baru bertambah yaitu bagaimana mengaktifkan USB2EA di SO Linux.

Agar tidak banyak cerita, belajar membaca tahapan aktivasi dengan cara melihat hasil yang dikerjakan seperti pada gambar di bawah ini… bekerja sambil berpikir… agar kreatif😉

Driver Linux USB2EA

Petunjuk Instalasi

Deteksi Perangkat lsusb

Compiling C Program

USB2EA Aktif

Connection Information

Selamat berselancar dan beraktivitas di LAN dan Internet …😉

Driver USB2EA for Linux