Menarik untuk disimak tulisan dari John Larmer dan John R. Mergendoller yang berjudul 7 Essentials for Project-Based Learning.
Bahasan singkatnya: some “projects” border on busywork. Other involve meaningful inquiry that engages student’s minds.
Apa yang membedakan projects dengan busywork yaitu projects menekankan pada process of students learning and depth of their cognitive engagement, sementara busywork hanya menekankan pada resulting product.
Suatu project dikatakan meaningful apabila memenuhi 2 kriteria:
1. Student must perceive the work as personally meaningful, as a task that matters and that they want to do well.
2. A meaningful project fulfills an educational purpose.
Untuk melaksanakan itu, maka prinsipnya adalah well-designed and well-implemented.

Ada 7 elemen utama dalam project yg bermakna, yaitu:
1. A need to know
2. A driving question
3. Student voice and choice
4. 21st century skills
5. Inquiry and innovation
6. Feedback and revision
7. A publicly presented product
Catatan dari penulis artikel tersebut adalah:
Schoolwork is more meaningful when it’s not done only for the teacher or the test.
Dari catatan tersebut jelas bahwa PjBL jangan hanya berorientasi pada pemenuhan tugas guru dan untuk kebutuhan test semata, tetapi proses didalamnya yang harus ditekankan.
Beberapa hal yang dapat diambil dari PjBL adalah students engaged in an extended process of inquiry, critique and revision.

Sumber:
Educational Leadership, september 2010 vol. 68 no. 1, http://www.ascd.org